Puisi Anak Anak Yang Menarik

Thursday, March 20th, 2014 - Puisi
Advertisement

Untuk ukuran anak-anak, menulis merupakan salah satu cara yang bisa mengembangkan kreativitas pada diri anak sejak kecil yang baik untuk diterapkan. Bila di sekolah anak-anak diajarkan dengan membaca dan menulis kata atau kalimat yang baru, cobalah di rumah Anda memberikan selingan pada anak Anda untuk menulis puisi anak anak. Puisi anak-anak adalah puisi yang mencitrakan perasaan dan dunia yang sangat khas dengan dunia atau kalangan anak-anak. Jadi, puisi tersebut bisa berisikan mimpi, orang tua, sampai dengan mainan kesukaan yang mereka punya. Namun kebanyakan anak-anak tidak tahu bagaimana memulai sebuah puisi apalagi jika belum diajarkan oleh guru di sekolah. Maka satu-satunya cara Anda harus bisa mengajarkan dan juga mengenalkan puisi pada anak Anda.

Contoh Dari Karya Puisi Anak Anak

Untuk mengajarkan dan mengenalkan puisi pada anak, Anda bisa memulai dengan menumbuhkan terlebih dahulu rasa cinta atau tertarik pada puisi oleh diri anak Anda dengan cara membiasakan untuk membaca. Bagi para orang tua, tentunya harus mengerti bahwa menulis dan berbicara merupakan kegiatan yang sangat berbeda. Maka dari itu, untuk menulis sebuah tulisan maupun puisi anak Anda harus pintar dalam berbahasa agar bisa menampilkan tulisan yang benar-benar bisa dimengerti dengan baik. Saat mengajari anak menulis, Anda tidak perlu repot mengajari tata bahasa di depan pembelajaran. Karena pada umumnya anak-anak akan berkembang kemampuan tata bahasanya seiring dengan seringnya mereka menulis.

Membimbing Anak Untuk Bisa Menulis Puisi anak-anak

Saat membimbing, orang tua juga harus bisa membimbing dengan baik, jangan sampai membuat si anak tertekan dan merasa malas karena cara membimbing kita yang salah atau membosankan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung menuntut si anak membuat tulisan yang sempurna. Selain itu, jangan juga membaca hasil tulisan atau puisi anak tanpa seizin anak. Karena biasanya banyak hasil tulisannya yang belum berani mereka tampilkan di depan orangtuanya. Dan untuk mendukung si anak menyukai kegiatan menulis, Anda bisa memulai dengan menyuruh menulis sesuatu yang disukai. Berikut ini ada contoh puisi anak anak yang bisa dicermati

Cita-Citaku
Cita-citaku setinggi langit
Menjadi seorang dokter
Membantu Kedua orang tua
Membantu orang sakit yang membutuhkan
Agar aku dan cita-citaku bermanfaat untuk semua orang

Itulah contoh puisi anak anak mengenai cita-cita. Selain cita-cita, Anda bisa memancing sang anak untuk aktif menulis dengan menanyakan harinya di sekolah, atau mainan yang disukai, hingga cita-cita yang dimilikinya. Kemudian Anda bisa secara perlahan menyuruhnya untuk dituliskan pada selembar kertas. Aktivitas tersebut, bisa Anda ulangi saat waktu ada waktu luang dengan anak Anda. Selain menulis puisi, Anda juga bisa memancing keaktifan menulis anak dengan menyuruhnya menulis diary ataupun doa di setiap malam atau selesai beraktivitas di sekolah.

Advertisement
Puisi Anak Anak Yang Menarik | Admin | 4.5