Menulis Puisi Putus Cinta Yang Galau

Wednesday, March 19th, 2014 - Puisi
Advertisement

Jika ditanya, siapa yang tidak pernah merasakan putus cinta? Ya, mungkin hampir sebagian besar orang di dunia ini pernah merasakan putus cinta dalam atau sepanjang hidupnya. Untuk yang menjawab belum pernah mungkin hanya sebagian kecil dan sangat jarang. Ada beberapa bentuk atau sikap seseorang dalam atau di kala sedang mengalami putus cinta yaitu dengan galau sambil menangis di kamar (untuk perempuan khususnya), pergi dan berbagai cerita dengan temannya, berkaraoke sendiri atau bersama teman untuk menghilangkan rasa sakit hati, stres, dan sebagainya. Selain bentuk yang disebutkan di atas masih ada bentuk lainnya yang tidak begitu kita sadari dan bahkan dibilang sudah kuno yaitu menulis puisi putus cinta.

Kumpulan Contoh Puisi Putus Cinta

Puisi putus cinta biasanya dibuat oleh hampir sebagian besar kalangan remaja. Menulis puisi tersebut tidak selalu dalam artian ditulis pada kertas, namun pada masa yang canggih ini mereka biasanya menuliskannya di sosial media seperti facebook, twitter, path, dan sebagainya. Jika kita menulisnya di kertas itu hanya bisa kita lihat sendiri dan bersifat privasi, sedangkan jika mereka tulis di sosial media secara tidak langsung mereka menginginkan orang-orang di sekelilingnya tahu apa perasaan mereka. Terdapat beberapa perbedaan puisi tersebut yang ditulis dalam kertas pribadi dan sosial media.

Perbedaan Puisi putus cinta dalam Tulisan untuk Pribadi dan Sosial Media

Perbedaan mendasar dari kedua cara penulisan puisi tersebut ialah dari medianya, yang satu di kertas atau catatan pribadi, sedangkan yang satu lagi dituliskan di media online atau sosial media seperti yang sudah disebutkan di atas. Perbedaan selanjutnya ialah motif dari penulisan tersebut, jika ditulis dalam kertas atau catatan pribadi tentunya itu bersifat sangat rahasia dan pribadi untuk diri kita, hanya kalangan atau orang-orang tertentu yang dapat melihatnya, sedangkan yang ditulis dalam sosial media, motif penulisannya ialah orang lain diharapkan tahu apa yang sedang kita rasakan, khususnya jika itu ditujukan pada seseorang.

Jika dilihat dari segi persepsinya, orang yang menulis di media kertas sudah ketinggalan zaman, dan beralih ke sosial media, sedangkan persepsi lainnya berbalik terbalik dengan pandangan tersebut. Berikut ini adalah contoh bentuk salah satu tulisan puisi yang terdapat sosial media

Ya andai kamu lihat curahanku ini
Kamu akan tahu betapa sakitnya
Betapa hancurnya hatiku ini
Apa kamu tahu aku ngga bisa hidup tanpa
Aku sakit tanpamu
Semoga setelah ini kamu sadar cintaku ke kamu..

Dari contoh dan penjelasan secara singkat mengenai puisi putus cinta dan perbedaan penulisannya, kita dapat melihat bahwa bahasa yang digunakan dalam penulisan puisi dalam sosial media lebih seperti curahan hati biasa, dan sangat minim bunga-bunga kata.

Advertisement
Menulis Puisi Putus Cinta Yang Galau | Admin | 4.5