Konsep Naskah Drama Musikal Keren

Saturday, April 5th, 2014 - Naskah Drama
Advertisement

Drama adalah suatu karya sastra yang dimainkan melalui gerak oleh aktor. Drama sendiri terkadang dibarengi dengan alunan musik, tarian dan lainnya untuk mendukung drama terlihat lebih indah. Drama sendiri ada macamnya, salah satunya yaitu drama musikal. Drama musikal ialah sebuah kombinasi antara aktor yang bermain dengan tarian dan sentuhan musik, pada musik inilah drama ini terasa sebagai drama musikal. Drama tersebut pastinya membutuhkan suatu naskah drama musikal yang bagus dan menghibur para penonton agar betah dan bisa terbawa oleh suasana drama tersebut.

Ide Contoh Dari Drama Musikal Jepang

Drama musikal termasuk ke dalam jenis drama modern dimana menceritakan mengenai kehidupan manusia sehari-hari. Tak berbeda jauh dengan drama lainnya, unsur-unsur pada drama musikal sama-sama membutuhkan naskah drama, alur, tokoh, teater, amanat, dan pastinya penonton sebagai penilainya. Keindahan drama ini bermanfaat untuk menghibur baik pemain sendiri maupun penonton karena drama ini disajikan dengan cara yang berbeda. Pada artikel ini penulis akan memberikan contoh mengenai beberapa bagian dari naskah salah satu drama musikal.

Naskah Drama Musical Karya Kiki

Drama musikal dengan judul Kita Satu Dengan Segala Perbedaan adalah sebuah karya dari Kiki. Berikut adalah kutipan pembuka dari naskah drama musikal karya Kiki, “pada suatu hari, di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta berdirilah sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa atas kesadaran para mahasiswa pencinta seni yang dinamakan UKM KABAYAN (Kreasi Budaya dan Kesenian). Saat itu terdapat beberapa anak yang lagi berkumpul di belakang kampus seperti hari biasanya, dengan gaya yang dapat dikatakan amburadul dan selalu membawa Gitar. Kemudian tanpa disadari datanglah seorang banci yang mengagetkan mereka. (suasana tenang diiringi lagu Slank- terlalu manis)”.

Kutipan naskah selanjutnya adalah seperti ini, “Pada Akhirnya mereka bertiga berkeinginan besar mendirikan sebuah UKM yang mereka namai sebagai UKM Kabayan atau Kreasi Budaya dan Kesenian. Tukul adalah satu dari mereka yang bisa dan berpengalaman dibidang keorganisasian apalagi hanya menyusun proposal, sedangkan Karno adalah orang yang memiliki banyak kawan akrab dimanapun serta mencoba untuk mengumpulkannya, dan terakhir ialah Ipin yang memiliki reputasi dan kedekatan dengan pihak petinggi kampus. Selang beberapa waktu, proposal yang diajukan akhirnya di Acc oleh petinggi kampus. Hari demi hari telah berlalu, hingga suati hari dimana UKM Kabayan disetujui dan diresmikan oleh petinggi kampus dan bahkan juga ikut ditandai dalam salah satu dari banyak UKM kampus. UKM Kabayan diketuai oleh Tukul, dsekretaris umum dan bendahara dijabat oleh Ipin dan Karno. Hidup Kabayan !!! (tancep bendera kabayan) ( back sound lagu bendera – cokelat )”.

Demikian artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai naskah drama musikal. Drama karya Kiki tersebut memberikan pesan moral kepada kita “jangan menilai seseorang dari luarnya saja, namun lihat isi hati seseorang itu dari dalam sedalam-dalamnya. Karena dibalik perbedaan itu bisa saling menyatukan jika ada empati dari masing-masing individu”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Advertisement
Konsep Naskah Drama Musikal Keren | Admin | 4.5