Kata Mutiara Islam Dalam Memaknai Kehidupan

Sunday, March 23rd, 2014 - Kata Mutiara
Advertisement

Hidup di dunia adalah sebuah jembatan menuju kehidupan yang hakiki, yakni di akhirat. Dalam perjalanan ke sebuah tempat yang kekal abadi, tentu wajib sekali bagi tiap-tiap manusia untuk mempersiapkannya. Mereka harus benar-benar mampu menjadi hamba yang baik bagi Rabb mereka, penguasa semesta alam. Meski itu pilihan, untuk menjadi baik atau tidak, menjadi taat atau tidak, seyogyanya manusia tetaplah harus patuh pada berbagai ketetapan Allah sebagai Sang Pengatur Kehidupan ini. Dalam menjalani kehidupan dunia, tentunya kita akan menghadapi berbagai siklus kehidupan. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang menikmati kesejahteraan, kadang bersimpuh dan mengeluh kepada-Nya akan adanya ujian hidup yang menerpa.

Contoh Kata Kata Mutiara Islam Terbaru

Menjadi wakil Allah di bumi tentu tidaklah mudah. Rintangan dan cobaan serta kewajiban selalu menaungi kita sebagai seorang khalifah. Meyakinkan diri akan berbagai tanda kebesaranNya adalah salah satu pilar untuk membangun kehidupan di dunia. Hal ini bertujuan agar tiap-tiap individu harus merawat, menjaga, dan melestarikan tempat bernaung manusia untuk sementara ini. Ingin tahu lebih jauh tentang makna kehidupan? Terdapat beberapa kata mutiara Islam yang bisa memberikan pencerahan pada kita mengenai kehidupan di dunia.

Kata Mutiara Islam tentang Menyikapi Kehidupan Dunia

Beberapa tokoh Islam telah menjelaskan tentang kehidupan, contohnya Ibnu al-Qayyim yang mengemukakan bahwa kita tidak seharusnya mendewakan kehidupan di dunia. “Dunia ini ibarat bayangan : kejar dia dan engkau tak akan pernah bisa menangkapnya : balikkan badanmu darinya dan dia tak punya pilihan lain kecuali mengejarmu,” begitu kata Ibnu Al-Qayyim. Hidup ini juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menabung amal sebagai bekal kita di akhirat sebagaimana kata mutiaraIslam dari Hasan al-Basri.Ia menyatakan bahwa “dunia ini terdiri dari tiga hari, yakni kemarin, yang telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya, besok, sebagai peringatan akhirat nanti.bahwa belum tentu terjadi, hari ini, waktu dimana kita bisa menjadi mengumpulkan amalan kita sebaik mungkin karena hanya itu waktu yang kita punya.

Bagaimana jika dalam menjalani kehidupan kita tengah diuji dengan berbagai cobaan? Kata mutiara Islam juga dapat kita gunakan sebagai renungan yang mampu membawa kita ke arah yang lebih baik. Bahwa ujian adalah bukti kesayangan Allah pada hambaNya. Ujian yang diberikan bukanlah sesuatu yang dapat dengan mudah lewat dan terselesaikan dengan sendirinya. Kita perlu bersabar dan bertahan dalam kondisi tersebut. Kemudian kita juga harus menanamkan dalam hati bahwa dalam menghadapi cobaan kita harus bersabar dan menerima qadha dan qadar dari Allah. Memang tidak mudah, yang terpenting adalah tidak menghilangkan rasa syukur kita. Ini adalah kunci, sebagaimana yang telah Allah janjikan dalam QS. Ibrahim ayat 7 : “Barangsiapa mensyukuri nikmat Allah, maka Allah akan menambahnya, dan apabila seseorang mendustakan nikmatNya, maka baginya adzab yang pedih.”

Advertisement
Kata Mutiara Islam Dalam Memaknai Kehidupan | Admin | 4.5