Contoh Pantun Agama Bahan Renungan Jiwa

Sunday, March 30th, 2014 - Pantun
Advertisement

Kalau bulan rindukan mentari, Tentu malam akan rindu siang, Kalau hati cinta Ilahi, Tentu dirinya akan merasa tenang. Pantun di atas merupakan salah satu contoh pantun agama. Sudah banyak yang tahu bahwa pantun sekarang mulai memudar. Terutama tentang agama, karena mereka sendiri jauh dari agamanya. Banyak masyarakat yang mengaku beragama padahal hanya kedok belaka agar formalitas di pandang oleh orang lain.

Inspirasi Kumpulan Contoh Pantun Agama

Agama identik dengan hati, jadi jangan main- main dengan agama. Banyak orang mengajarkan tentang agama, dari mulai ustadz, kiayi, pendeta, dan yang lain- lain. Banyak pula sarana yang mereka tempuh untuk mengajarkan agama itu. Bukan hanya sekadar berceramah di masjid, gereja vihara, atau yang lainnya, tapi juga melalui radio, TV, atau media lainnya. Jaman dahulu sebenarnya banyak para pemuka agama yang memakai pantun sebagai sarana untuk berdakwah. Jadi di kenal dengan contoh pantun agama. Ini bisa menjadi sarana yang baik untuk berdakwah. Contohnya:

Hidup manusia hanyalah sekali
Waktu tak terasa dijemput mati
Kerakusan insan tak kan pernah berhenti
Kecuali kubur telah mengunci diri hingga nanti

Air dan api slalu berlawanan
Langit dan bumi adalah berjauhan
Kalau hati penuh kedengkian
Siapalah orang yang akan mau berteman

Serigala suka makan garam
Dia makan pakai tiga moncong
Rumah kumuh sangat seram
Karena ada banyak pocong

Buat apa berbaju batik kalau
Tidak pake selendang
Buat apa berwajah cantik
Kalau tidak mau sembahyang

Pergi ke pantai membawa tikar
Harus permisi pada orangtua
Anak baik dan anak pintar
Pasti disayang oleh semua

Beberapa Contoh Pantun Agama yang Hilang

Jaman sekarang sudah banyak media yang menjadi sarana berdakwahnya para pemuka agama. Dari mulai media cetak, media elektronik, dan media lainnya. TV, radio sudah menjadi tempat yang pas atau cocok untuk berdakwah. Jadi banyak penyalahgunaan media di sini untuk sarana berdakwah. Karena akhirnya hanya untuk mencari keuntungan semata. Pantun untuk agama sudah tak terlihat lagi, sekarang hanya terpakai di kalangan pelajar ketika membuat tugas bahasa Indonesia tentang pantun.

Coba saja mereka suruh membuat pantun secara spontan pasti akan kesulitan, karena mereka hanya terbiasa untuk pelajaran pantunnya bukan untuk melestarikan budaya bangsa yang sudah hampir hilang di kalangan umum. Contoh Pantun agama menurut para ahli sastra sebenarnya bisa berdampak baik bagi masyarakat, jadi bisa berdakwah atau menyampaikan kebaikan tentang agama itu melalui pantun. Tak ada salahnya kita mulai melestarikan kembali pantun saat ini di kalangan kita, bukan hanya kalangan pelajar atau mahasiswa, tetapi di semua kalangan semua ranah semua sektor. Bahasa dan sastra bisa masuk ke seluruh penjuru dunia. Dari mulai anak- anak sampai orang tua bahkan yang tidak mempunyai latar pendidikan sekalipun.

Advertisement
Contoh Pantun Agama Bahan Renungan Jiwa | Admin | 4.5